Ilkay Guendogan mungkin saja akan menjadi pemain milik klub Manchester United jikalau Sir Alex Ferguson tidak pensiun. Guendogan yang sempat menjadi pemain incaran MU guna dalam menjadi penggantinya Paul Scholes.
Fergie yang mengakhiri masa kariernya sebagai seorang pelatih setelah dirinya berhasil mengantarkan Man.United dalam meraih titel liga ke-20 pada akhir musim 2012/13. Dengan pensiunnya pelatih Ferguson berbarengan dengan Scholes, gelandang senior milik klub MU ini yang diyakinkan akan comeback usai dirinya sempat gantung sepati di tahun 2011.
Rene Meulensteen, yang merupakan eks staf Ferguson, mengatakan jika Guendogan dan juga Marco Reus menjadi target incaran klub. Guendogan dipercaya bakal menjadi pengganti Scholes yang sudah meninggalkan klub.
Namun, Ferguson yang langsung mengumumkan setelah Man. United telah memastikan gelar juara. Suksesornya, David Moyes, yang tengah mengejar pemain incaran alternatif semacam Cesc Fabregas dan Thiago Alcantara dan sebelum akhirnya memboyong Marouane Fellaini.
Pemain Guendogan masih bakal tetap bertahan hingga tiga musim selanjutnya di Dortmund. Pemain asal Jerman berdarah Turki tersebut kemudian malah berlabuh ke klub rivalnya MU, Manchester City, di tahun 2016.
“Kalau Fergie tetap bertahan kami mungkin saja bisa menambah kualitas, mungkin saja bakal memiliki lebih banyak kekuatan,” papar Meulensteen.
“Saya tidak mengatakan tim ketika itu sudah tua, namun di sana ialah sebuah tim yang matang. Saya percaya kalau Fergie bertahan, kontinuitas dan stabilitas Man.United bakal tetap di sana dan terus bersaing dalam peraihan gelar juara.”
“Kami telah memperhatikan dan mengincar Guendogan dari Borussia Dortmund dan juga Marco Reus pada saat itu. Kami melihat jika Guendogan sebagai sosok pemain yang hampir menyerupai Scholes. Dirinya yang dapat menekan bola, berpikir dengan cepat, dan dapat mengatur tempo dengan sangat baik,” tutur dia.

Ilkay Guendogan Sempat Menjadi Incaran MU